PESMA KH MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Kisah Inspiratif

BELAJAR ILMU GIZI: Why is Nutrition Important?

Pesma.ums.ac.id – Why is Nutrition Important? Jika kita berbicara soal ilmu gizi mungkin kedengarannya sudah tidak asing lagi ya, karena sudah banyak sekali topik yang membahas soal ini. Mungkin bisa kita temui di akun instagram, youtube, twitter, koran, bahkan webinar dan lain-lain.

Tak ada penyakit yang tak bisa disembuhkan kecuali kemalasan. Tak ada obat yang tak berguna selain kurangnya pengetahuan”

Ibnu Sina

Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Penelitian di bidang nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit, khususnya dalam menentukan diet yang optimal. Tapi sebenernya kita paham ngga sih kenapa ilmu gizi itu penting ? Mari kita belajar bersama tentang tiga hal ini, yaitu:

  1. Nutrition

Nutrition atau bisa disebut dengan ilmu gizi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang zat-zat gizi yang terdapat di makanan dan berkaitan sangat erat  dengan kondisi tubuh kita.  Hampir setiap hari mungkin kita mendengar atau membaca tentang informasi terkait makanan yang kita konsumsi, misalnya gula, may not be good for you, tapi tidak semua orang tahu dan paham bahwa sebenarnya batasan konsumsi gula per-hari nya hanya sekitar 50 gr/4 sendok makan. Jika dalam sehari coba dipikir sudah berapa banyak gula yang kita konsumsi mulai dari saat masak, minum teh, atau membeli minuman kemasan/sejenis boba dll.  Yaaa….itu sebagian contoh kecil saja, dan masih banyak yang lainnya lagi yang harus kita ketahui.

2. Zat Gizi (Nutrients)

Nutrisi adalah suatu substansi di dalam makanan yang memberikan energi dan membuat tubuh kita merasa sehat. Zat-zat gizi dalam makanan membantu banyak proses di dalam tubuh seperti pengaturan detak jantung, membantu mengatur kadar glukosa darah, mendukung proses organ-organ tubuh dalam bekerja, dan lain-lain.

3. Diet

Diet memiliki beberapa pengertian, tetapi sebagian besar masyarakat mendefinisikannya dengan seseorang yang memiliki keinginan atau sedang menjalankan penurunan berat badan, padahal pengertian diet tidak hanya sekedar hal itu saja. Diet berarti pengaturan pola makan, cara mudahnya sih bisa dibilang “diet is the foods and beverages you normally eat and drink everyday”. Jadi orang yang sedang menderita penyakit tertentu atau orang yang ingin menaikkan berat badan pun bisa dibilang sedang melakukan diet.

Nutrients are nourishing subtances in food that give you energy, allow your body to grow, and keep you feeling healthy.

Food habit kita sekarang, besok dan seterusnya akan menentukan kondisi kita di masa depan. So, pilihlah makanan yang tubuh kita butuhkan bukan hanya sekedar keinginan nafsu kita saja. Stay healthy everyone , semoga bermanfaat. [Zulfia & Kang Aim]

Penulis: Zulfia Rosyidatun Nisa’ (Prodi Gizi Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Tidak sepatutnya seseorang merasa aman tentang dua hal : kesehatan dan kekayaan.”

Ali bin Abi Thalib

Leave a Reply

Theme by Anders Norén