PESANTREN MAHASIWA KH. MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita, IMM PESMA, ISO PESMA, Kisah Inspiratif

UAS UMS: Menuntut Ilmu, Jalan Menuju Kebahagiaan

Pesma.ums.ac.id – Selamat Menempuh Ujian Akhir Semester (UAS) Genap Kepada Seluruh Mahasantri Pesantren Mahasiswa KH. Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan ke surga baginya.

HR. Muslim

Ujian Akhir Semester (UAS) adalah kegiatan akademis yang wajib dilakukan oleh setiap mahasiswa perguruan tinggi dalam menyelesaikan studinya, sekaligus bentuk evaluasi akhir mata kuliah yang menekankan pada aspek kognitif untuk menentukan kelulusan mahasiswa pada tiap mata kuliah. UAS dilaksanakan di akhir semester setelah semua proses belajar mengajar selesai.

Pesma UMS selalu mendukung proses belajar Mahasantri untuk menjaga kebiasaan baik saat menjelang UAS, yaitu memberikan motivasi, nasehat, mengajak tetap menjaga ibadah shalat, bedoa, mengaji dan kegiatan positif lainnya agar tetap kondisi baik saat menuntut ilmu.

Menuntut ilmu terdapat kemuliaan yang diantaranya seperti disampaikan hadits Rasulullah SAW:

Orang yang belajar dimudahkan jalan menuju surga

Allah Swt akan memudahkan jalan menuju surga untuk hambanya yang senantiasa mencari ilmu. Sebagaimana potongan hadis riwayat Abu Hurairah Ra, Rasulullah Saw bersabda:

Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan ke surga baginya.” (HR. Muslim)

Semua makhluk di bumi mendoakan penuntut ilmu

Tak hanya orang tua yang selalu mendoakan anaknya, seluruh makhluk yang ada di bumi ini bahkan ikut mendoakan orang yang giat mencari ilmu. Sebagaimana sabda Rasulullah Saw:

Sungguh, para malaikat merendahkan sayapnya sebagai keridaan kepada penuntut ilmu. Orang yang berilmu akan dimintai ampunan oleh penduduk langit dan bumi, bahkan hingga ikan yang ada di dasar laut.”(HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Semoga Allah SWT memudahkan jalan untuk belajar dan diberikan keberkahan. Aamiin [Kang Aim]

1 Comment

  1. muslim awaluddin

    Moga dimudahkan dan dilancarkan ujiannya. Amin

Leave a Reply

Theme by Anders Norén