Serunya Mahasantri Pesma Bermain Kasti

Pesma.ums.ac.id – Mahasantri Pesantren Mahasiswa (Pesma) KH Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bermain bola kasti pasca sholat subuh. Olahraga atau permainan tersebut dilakukan bersama baik putra maupun putri di depan Fakultas Kedokteran (FK), Ahad (22/8/2021). Kegiatan ini merupakan pembuka hari olahraga tradisional pertama yang diadakan oleh Pesma.

Pesma menjadikan hari Rabu dan Ahad sebagai hari olahraga untuk mahasantrinya. Khusus rabu pagi, olahraga yang dilakukan merupakan olahraga ringan seperti jalan sehat, lari pagi, dan senam. Kemudian pasca olahraga dilanjutkan dengan belajar kesenian yakni Kaligrafi.

Sedangkan untuk Ahad paginya, olahraga yang dilakukan adalah permainan tradisional anak, yang mana permainan ini hampir punah sejak teknologi internet mulai berkembang.

Baca juga : Sosialisasi Kegiatan Mahasantri Pesma

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menyeimbangkan antara kegiatan akademik dan fisik dari mahasantri. Sehingga untuk menunjang hal tersebut dibutuhkan fisik yang sehat.

“Disisi lain supaya permainan tradisional ini juga bisa kita lestarikan kembali apabila mahasantri pulang ke kampung halaman,” kata M Yoga Oktama, salah satu Dewan Pengasuhan (DP) Pesma, Ahad (22/8/2021).

Oleh karenanya Pesma memfasilitasi dengan mengadakan hari olahraga wajib bagi mahasantri supaya tetap sehat dan bugar, sehingga dapat meningkatkan imunitas mereka.

Mahasantri sedang bermain kasti bersama
Mahasantri putra sedang memukul bola kasti
Regu penjaga sedang berlari secepat mungkin memasui lapangan agar terhindar bola dari regu pemukul yang telah kena terlebih dahulu

Penanggung jawab dari kegiatan ini adalah dari Departemen Olahraga, Seni, dan Kesehatan (OSK) International Student Organization (ISO) Pesma, yakni Naufal Abdillah Afifan. Sedangkan konsepnya dibimbing oleh DP dan dalam pelaksanannya dibantu oleh mahasantri, sehingga semua mahasantri yang bermukim terlibat dalam kegiatan ini.

Baca juga : Make Up, Basic Skill Seorang Istri

Salah satu mahasantri putra, Muhammad Nur Al-Ghazali yang akrab disapa Madnur atau Cahyo, mengatakan dengan adanya kegiatan ini bisa memulai aktivitas pagi hari dengan berolahraga sehingga bisa lebih sehat.

Menurutnya, pelajaran yang bisa diambil dari bermain kasti ini adalah kekompakan. Sehingga membuat para mahasantri lebih solid kepada teman-temannya.

“Teman-teman semangat, ya! Semoga kita bisa lebih kompak lagi,” ucapnya, Ahad (22/8/2021).

Cahyo berharap semoga kegiatan berikutnya lebih seru lagi dan kedepannya jangan terlalu kasar apabila bermain. [YDP].

6 thoughts on “Serunya Mahasantri Pesma Bermain Kasti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *