PESMA KH MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita, IMM PESMA, ISO PESMA, Kisah Inspiratif

Semarak Ramadhan Pesma (SRP): Mensyukuri Ilmu untuk Meningkatkan Iman

Pesma.ums.ac.id – Semarak Ramadhan Pesma (SRP) Pesantren Mahasiswa KH. Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 1443 H/2022 untuk memenuhi kehidupan dengan ilmu dan iman untuk menggapai kebaikan dalam menjalankan kehidupan.

“Rabb kita ‘azza wa jalla berfirman, Puasa adalah perisai, yang dengannya seorang hamba membentengi diri dari api neraka, dan puasa itu untuk-Ku, Aku-lah yang akan membalasnya”

(H.R. Ahmad)

Bulan Ramadan adalah anugerah dan nikmat yang agung yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada umat Nabi Muhammad SAW. Di dalamnya terdapat keutamaan-keutamaan dan hikmah khusus yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya yang ikhlas dan tulus menjalankan ibadah puasa, serta ibadah-ibadah lainnya.

IMM dan ISO KH. Mas Mansur yang menjadi panitia inti dalam memakmurkan kegiatan yang berada di lingkungan pesma. Mulai dari shalat berjamaah, membaca Al – Qur’an, tahajjud, sharing dengan mahasiswa luar negeri, tadarus, buka bersama, sahur bersama, shalat taraweh, duta pesma (TPA), betugas imam, kultum dan khattib di masjid di luar pesma.

Kegiatan tersebut berjalan dengan baik sampai pertengahan ramadhan, karena sebagian mahasantri sudah mulai perpulangan kembali ke rumah masing-masing untuk menjalankan ibadah ramadhan di dekat rumah mahasantri.

“Wahai para pemuda, barangsiapa yang mampu untuk menikah, maka menikahlah. Sesungguhnya menikah lebih bisa menundukkan pandangan dan lebih mudah menjaga kemaluan. Barangsiapa yang belum mampu menikah, maka berpuasalah, sesungguhnya puasa itu adalah penekan syahwatnya”

(HR Imam Ahmad dan Imam al-Bukhari)

Leave a Reply

Theme by Anders Norén