QURANIC DAY #2 -Tentramkan Hati Bersama Al-Qur’an

Pesma.ums.ac.id – Zona Tahfidz Pesantren Mahasiswa (PESMA) KH. Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan kegiatan Quranic Day Batch 2 dengan tema “Tentramkan Hati, Bersama-sama Menggemakan Syiar Al-Qur’an”.

Khataman Qur’an Mahasantri Putri

Quranic Day merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membantu Mahasantri PESMA KH. Mas Mansur UMS agar senantiasa mensyiarkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari serta membantu Mahasantri dalam belajar memperbaiki bacaan Al-Qur’an.

Khataman Qur’an Mahasantri Putra

“Bacalah Al-Qur’an, sesungguhnya ia akan datang pada Hari Kiamat sebagai pemberi syafa’at (penolong) bagi pembacanya.”

(HR. Muslim)

Kegiatan Quranic Day berlangsung selama 2 hari, yakni pada hari Sabtu, 1 Januari sampai dengan Ahad, 2 Januari 2022. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Mahasantri PESMA dan dilaksanakan secara blended, yaitu secara offline di Masjid PESMA KH. Mas Mansur bagi Mahasantri Pesma Mukim dan online melalui Zoom Meeting bagi Mahasantri yang di rumah.

Mahasantri Menyelesaikan Khataman dengan Membaca Juz 30 Bersama

Kegiatan Quranic Day dimulai dengan Khotmil Qur’an pada hari Sabtu pagi ba’dha subuh, dengan membaca Al-Qur’an dari Juz 1- Juz 29. Keguatan ini dilaksanakan di 2 tempat yang berbeda, untuk Mahasantri Putra bertempat di Masjid PESMA KH. Mas Mansur dan untuk Mahasantri Putri bertempat di Ruang A3 Gedung Pesma Putri.

Qiyamul Lail dengan Imam Sholat Nabil Nawal, FK 2018

Selanjutnya, pada ahad dini hari, kegiatan dilanjutkan dengan Qiyamul Lail di Masjid PESMA KH. Mas Mansur dengan Imam Sholat dari Mahasantri PESMA, yaitu Nabil Nawal Sarif, Mahasiswa Kedokteran, Angkatan 2018. Setelah qiyamul lail, mahasantri melaksanakan sholat subuh berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan menyelesaikan Khataman Al-Quran dengan membaca Juz 30 dan Do’a Khotmil Qur’an secara bersama-sama. Berakhirnya kegiatan Khataman Qur’an ditandai dengan sambutan dan pemotongan tumpeng oleh Direktur PESMA KH. Mas Mansur UMS, Ibu Muamaroh, Ph.D pada Ahad pagi.

Sambutan Direktur PESMA KH. Mas Mansur UMS dalam kegiatan Quranic Day

Meskipun Khataman Qur’an sudah selesai, namun serangkain kegiatan Quranic Day belum sepenuhnya usai. Kegiatan terakhir sekaligus penutup pada kegiatan Quranic Day adalah Kajian Qurani & Talaqy Bersanad dengan Pemateri Ust. Tholhah. Pada kajian ini, mahasantri dibimbing untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an mereka, khususnya bacaan Surat Al-Fatihah.

Penyerahan Cinderamata dari PESMA kepada Ustadz Tholhah

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Faris Hasabi, Mahasiswa Kedokteran Angkatan 2021, kegiatan Quranic Day berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Faris juga menambahkan bahwa dilaksanakannya Quranic Day pada awal tahun 2022 ternyata memiliki maksud tersendiri, yakni agar Mahasantri PESMA KH. Mas Mansur UMS dapat mengisi waktu tahun barunya dengan hal-hal yang bermanfaat. [USP]

2 thoughts on “QURANIC DAY #2 -Tentramkan Hati Bersama Al-Qur’an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *