PESMA KH MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita, Kisah Inspiratif

Program Pemberdayaan Sosial dan Ekonomi: MKS PP Aisyiyah, LazisMu PP Muhammadiyah, MKS dan MHH Pimpinan Wilayah Jawa Tengah

Pesma.ums.ac.id – Forum Group Discussion Program Pemberdayaan Sosial dan Ekonomi Bagi Disibilitas Majelis Kesejahteraan Sosial PP Aisyiyah dan Lazismu PP Muhammadiyah Bekerja sama dengan Majelis Kesejahteraan Sosial & Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Wilayah Jawa Tengah

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat berat siksanya.”

QS. Al Maidah: 2

Penyandang disabilitas adalah orang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sikap masyarakatnya dapat menemui hambatan yang menyulitkan untuk berpartisipasi penuh dan efektif berdasarkan kesamaan hak (Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Hak-Hak Penyandang Disabilitas).

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Pesantren Mahasiswa KH. Mas Mansur Universitas Muhamamdiyah Surakarta di area Asrama Putra pada tanggal 28 Maret 2022 dari jam 09.00 WIB hingga 16.00 WIB yang diawali pembukaan oleh MC, Pembacaan Tilawah, Menyanyikan lagu dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Sambutan dari Pihak Rektor UMS diwakili oleh WR IV, yaitu Prof. dr. Dr. Em Sutrisna, M.Kes yang menuturkan “Saling menolong dalam kebaikan itu perbuatan mulia, tidak perlu berhenti. Walaupun ada keterbatasan tetap harus bersyukur. Kemudian beliau juga mengharapakan dengan program pemberdayaan tersebut membuka lapangan kerja untuk membantu sesama.”

Sambutan selanjutnya Dr. Hj. Umul Baroroh M.Ag sebagai Ketua Umum PWA Jawa Tengah dan dilanjutkan materi-materi pembinaan dari pembicara, yaitu Siti Kasiyati,S.Ag.M.Ag sebagai Ketua MHH PWA Jawa Tengah dan Dr. Ro’fah, M.A., Ph.D. Sebagai MKS PP Aisyiyah serta motivasi-motivasi dan arahan dari pendamping pelatihan atau pemberdayaan.

Akhir dari acara tersebut, pembagian hadiah kepada peserta pelatihan atau pembedayaan dan dilanjutkan dengan foto bersama. [Kang Aim]

“Tolong-menolong adalah sikap orang Islam dalam aksi.”

Ahmad Dahlan

Leave a Reply

Theme by Anders Norén