Potret Keseruan Mahasantri Pesma Rayakan Kemerdekaan

Pesma.ums.ac.id – Pesantren Mahasiswa (Pesma) KH Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) gelar lomba 17-an pada Sabtu-Ahad (14-15/8/2021) di lingkungan Pesantren. Lomba tersebut diikuti oleh seluruh mahasantri yang bermukim dan beberapa staf pesma.

Lomba yang diadakan selama dua hari tersebut merupakan usulan dari Direktur Pesma, Muamaroh, Ph.D, dengan alasan supaya mahasantri tidak bosan melaksanakan lomba. Oleh sebab itu, lomba hanya diadakan setengah hari selama dua hari dari pukul 7 pagi hingga 11 siang.

Senam bersama Direktur Pesma Sebelum Memulai Acara Perlombaan
Sambutan dari Direktur Pesma sebelum Memulai Perlombaan

Sebelum memulai perlombaan, dilakukan pemanasan dengan senam bersama di depan gedung pesma putri. Setelah itu acara dibuka oleh Muamaroh dengan mengajak mahasantrinya lakukan peregangan tubuh dan olahraga mata.

Dalam sambutannya, Muamaroh berpesan bahwa menang kalah itu bukan tujuan utama. Poin pentingnya adalah kebersamaan, kebahagiannya dan tubuh yang aktif bergerak.

“Anak muda itu harus banyak bergerak, karena itu aset untuk dihari tua kalian,” ucap Muamaroh, Sabtu (14/8/2021) di Pesma KH Mas Mansur.

Selanjutnya, mahasantri dipersilahkan untuk sarapan kemudian mulai mengikuti lomba. Lomba hari pertama adalah lomba yang diikuti oleh seluruh mahasantri baik putra maupun putri, yakni makan kerupuk, estafet karet dan terakhir tebak gaya.

Ditengah-tengah perlombaan, beberapa mahasantri asyik bermain lompat karet sambil menanti giliran mereka tiba. Lompat karet tersebut adalah permainan tradisional yang sudah jarang sekali ditemukan saat ini.

Mahasantri Putri sedang Berlomba Makan Kerupuk
Mahasantri Putra sedang Berlomba Makan Kerupuk
Beberapa dari Mahasantri Putri bermain Lompat Karet
Beberapa dari Mahasantri Putra bergantian bermain Lompat Karet
Mahasantri Putra sedang Berlomba Estafet Karet
Lomba terakhir hari pertama, Tebak Gaya

Hari kedua, kegiatan diawali dengan sarapan bersama dan dilanjut dengan lomba balap karung untuk putra, estafet sarung untuk putri, memecahkan balon dan terakhir ditutup dengan lomba estafet air untuk putra dan putri yang berakhir saling siram satu sama lain.

Mahasantri Putra sedang berlomba Balap Karung
Mahasantri Putra sedang berlomba Balap Karung
Lomba Estafet Sarung untuk Putri
Mahasantri Putra sedang bersiap untuk memecahkan balon
Memecahkan Balon
Mahasantri Putri sedang bekerjasa sama untuk memecahkan balon
Lomba Esafet Air Putra
Lomba Estafet Air Putri
Tim Putri Menyiram Estafet Air Tim Putra

Salah satu mahasantri putra, M. Fadhil Manfa, mengatakan bahwa acara perlombaan tersebut sangat seru. Ia cukup salut kepada para panitia sebab bisa membuat acara semakin meriah. Selain itu bisa membangun kedekatan dengan senior, yang tadinya kurang dekat menjadi bisa saling bertukar kabar bahkan kerjasama tim.

Menurut Fadhil, ada beberapa mahasantri putra yang bawaanya sangat serius, namun tak disangka saat perlombaan mahasantri tersebut bisa tertawa.

“Kalian hebat walaupun dilihat sok asik tapi acara yang kalian buat cukup membuat kami terhibur, dan saya pribadi menaruh kenangan indah dari awal kegiatan hingga makan gacoan bersama” pesan Fadhil untuk para panitia acara.[YDP].

Baca juga : Penutupan 17-an dengan Makan Bersama Direktur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *