PESMA KH MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita

PEMBINAAN DIREKTUR PESMA UMS: Ramadhan Tiba, Siapkan Fisik dan Mental

Pesma.ums.ac.id – Ramadhan 1443 H. Tak terasa, bulan suci yang selalu dinanti kini akan segera datang menghampiri. Dalam menyambut datangnya bulan suci ini, Direktur PESMA UMS, Ibu Muamaroh, Ph.D memberikan pembinaan dalam menghadapi ramadhan untuk para Staff, Karyawan, dan Dewan Pengasuhan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ [٢:١٥٣]

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

AL – baqarah; 153

Selain melakukan pembinaan, pertemuan tersebut juga bertujuan untuk melakukan koordinasi rutin dengan staff, karyawan, dan dewan pengasuhan. Kegiatan tersebut dimulai dengan mengaji bersama beberapa surat-surat pendek Al-Qur’an dan kemudian dilanjutkan dengan kultum dari salah satu staff.

Pada kesempatan tersebut, kultum disampaikan oleh Agus Riyanto, Staff IT PESMA. Dalam kultumnya, beliau menyampaikan tentang kesabaran dalam menghadapi ujian kehidupan. Sabar itu terdiri dari 3 hal, yakni sabar dalam ketaatan, sabar dalam meninggalkan maksiat, dan sabar dalam menerima takdir Allah (musibah). Sebagai umat muslim, kita harus percaya dan berprasangka baik kepada Allah bahwa ujian yang diberikan merupakan tanda kasih sayang dari-Nya. Setiap ujian yang diberikan, pasti ada hikmah dibaliknya. Dengan ujian itu, barangkali Allah SWT ingin mengangkat derajat hambanya.

Setelah mengaji dan kultum, beranjaklah pada agenda utama, yakni koordinasi dan pembinaan oleh Ibu Muamaroh. Selaku Direktur PESMA, beliau menyampaikan bahwa semua elemen yang ada di PESMA itu semuanya merupakan contoh atau tauladan bagi mahasantrinya.

Disamping itu, dalam menghadapi bulan ramadhan yang sebentar lagi akan datang, beliau berpesan agar semuanya bisa menyiapkan diri dengan baik, secara fisik, mental, maupun ibadah. Tujuannya adalah agar kita bisa menjalani ibadah di bulan yang suci dengan maksimal. Sangat disayangkan apabila kita menjalani ramadhan dengan biasa-biasa saja.

Beliau juga menyampaikan, bahwa mulai dari sekarang kita harus membuat targetan atau capaian amalan ibadah apa yang akan kita lakukan di bulan suci ramadhan. Terima kasih. Semoga kita bisa dipertemukan dengan bulan suci ramadhan ini. Aamiin. [Ty]

“Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta pertemukanlah kami dengan Ramadhan.”

hr. ahmad dan ath-thabrani

1 Comment

  1. muslim awaluddin

    Bu Direktur Pesma mantab, pencerahan sblm Ramafhan

Leave a Reply

Theme by Anders Norén