PESANTREN MAHASIWA KH. MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita

Pelatihan Kurban: Bekal Mahasantri dalam Bermasyarakat

Pesma.ums.ac.id – Pesantren Mahasiswa (Pesma) KH Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan pelatihan kurban yang bertajuk “Pelatihan Penyembelihan dan Pengelolaan Daging Hewan Kurban 1442 H” pada Ahad pagi, (18/07/2021). Pelatihan tersebut  dilaksakanan melaui aplikasi Zoom dan dikhususkan bagi mahasantri Pesma, baik yang berada di dalam maupun di luar Pesma sebagai bekal tatkala bermasyarakat.

Sebagian dari Peserta Pelatihan Kurban. Ahad, 18 Juli 2021

Tujuan diadakannya pelatihan kurban selain untuk menyambut hari raya adalah untuk memuliakan ilmu, terutama ilmu tentang kurban (udhiyah) itu sendiri. Materi yang disampaikan terdapat dua materi, yakni materi pertama diisi oleh Dr. Mujazin, S.Pd.,MA selaku Dewan Pengasuhan (DP) senior Pesma tentang Fiqih Penyembelihan Hewan Kurban Secara Ilmiah dan Syar’iyah di Era Covid-19. Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Abu Salim, S.Ak selaku DP mengenai Penanganan dan Pengelolaan Daging Kurban yang Higienis.

Muamaroh, Ph.D, selaku Direktur Pesma menyampaikan dalam sambutannya untuk selalu mengisi waktu dengan kegiatan yang positif. Salah satunya adalah dengan pelatihan ini dalam rangka mengisi waktu pasca UAS dan untuk membekali mahasantri agar bisa bermanfaat di masyarakat.

“Dari kegiatan ini diharapkan mahasantri nantinya bisa mengorganisir pelaksanaan di lingkungan masing-masing,” ujar Muamaroh. Ahad, (18/07/2021).

Baca juga Bergembira di Hari Raya Meskipun Suasana Pandemi

Hasal Ali, salah satu peserta menanyakan terkait kriteria orang-orang yang berhak diberikan daging kurban kepada Mujazin.

“Orang yang terdampak ekonominya terlebih saat pandemi seperti ini yang wajib diberikan,” Jawab Mujazin. Ahad, (18/07/2021).

Mujazin menambahkan, orang yang melakukan ibadah kurban boleh mengkonsumsi daging hewan kurbannya, sebagiannya boleh diberikan kepada orang-orang fakir untuk mencukupi kebutuhan mereka pada hari itu, diberikan kepada kerabat untuk menyambung silaturrahim, diberikan kepada tetangga sebagai bantuan dan boleh juga diberikan kepada teman-teman untuk mengokohkan ikatan persaudaraan.

Baca juga Merayakan Idul Adha 1442 H Bersama Pesma

Ragastra Haryo Wijanarko, selaku ketua panitia mengatakan meskipun suasana pandemi, tidak menghalangi kita (pesma_red) untuk berkurban atau mempelajari ilmu tentang berkurban.

“Yang diharapkan dari acara ini adalah teman-teman mahasantri sudah mempunyai bekal jika suatu saat diminta menjadi petugas kurban di lingkungan masing-masing,” ucap Ragastra. Ahad, (18/07/2021). [YDP].

Leave a Reply

Theme by Anders Norén