PESANTREN MAHASIWA KH. MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita, IMM PESMA, ISO PESMA, Kisah Inspiratif

Pelatihan Kurban: Adab dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariah

Pesma.ums.ac.id – Pelatihan Kurban untuk Mahasantri Pesantren Mahasiswa KH. Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta bersama JULEHA DPD Kota Surakarta yang bertemakan “Adab dan Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Sesuai Syariah” bertempat di Masjid KH. Mas Mansur UMS.

“Ada empat macam yang tidak boleh dijadikan qurban. Yaitu, hewan yang rabun dan jelas kerabunannya, hewan yang sakit dan jelas sakitnya, hewan yang pincang dan jelas pincangnya, dan hewan yang kurus tidak berdaging”.

HR. Ibnu Hibban; Shahih

Juleha itu nama sebuah komunitas yang merupakan singkatan dari Juru Sembelih Halal Indonesia. Juleha adalah sebuah perkumpulan yang konsen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat perihal tatacara penyembelihan hewan yang sesuai dengan syariah. Tentunya yang ihsan, halal, dan thoyib.

Pelatihan tersebut diadakan pada sabtu, 02 Juli 2022 di Masjid KH. Mas Mansur Kampus 4 UMS, diselenggarkan badha shalat shubuh yang diikuti mahasantri putra dan putri. Moderator dan pembuka acara pada kegiatan tersebut adalah Saudara Irham Zulfikar dam Pemateri dari kegiatan tersebut adalah Muhammad Jamuri, SE dari TIM JULEHA Indonesia. Beliau membagikan ilmu dan berdiskusi dengan mahasiswa terkait dengan penyembelihan hewan.

“Mengingat daging hasil pemotongan itu akan dimakan secara aman, sehat, higenis dan tanpa ragu-ragu. Termasuk tersedianya sepatu safty, pisau yang tajam, sarung pisau yang aman, gunakan kopiah, kuasai ilmu fiqh tentang penyembelihan.” Penyembelih harus tahu tata cara penyembelihan yang sesuai dengan syariah Islam, seperti menghadap kiblat, saat menyembelih, hewan qurban tak boleh diinjak dan dibanting.

Setelah materi dan diskusi selesai, kegiatan dilanjutkan praktek menyembelih 3 domba bersama mahasantri dan tim Juleha Indonesia. Dalam praktek mahasiswa diajari terkait cara menyembelih, menguliti, memotong, membersihkan jeroan, dll yang ilmu tersebut masih jarang dijumpai di masyarakat umum. [Kang Aim]

Dari Syaddad bin Aus, ia berkata : Dua hal yang aku hafal dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat baik pada segala sesuatu. Maka apabila kalian membunuh, bunuhlah dengan baik. Dan apabila kalian menyembelih, sembelihlah dengan baik, hendaklah salah seorang diantara kalian menajamkan pisaunya, dan mudahkanlah penyembelihannya”.

HR. Muslim

Leave a Reply

Theme by Anders Norén