PELATIHAN KHUTBAH: Belajar Untuk Berbuat Baik

Pesma.ums.ac.id – PESMA bersama Departemen Ta’mir dan Amaliyah Sunnah ISO Pusat dan Bidang Tabligh IMM KH. Mas Mansur mengadakan Pelatihan Khutbah untuk Mahasantri dengan Tema yang diangkat “Menjadi Mubaligh Harapan Umat”.

lmu pengetahuan adalah kehidupan pikiran

Abu Bakar Al-Shiddiq

Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 02 Juni 2022 dari ba’dha Magrib sampai dengan Isya’ yang diisi oleh Ustadz Mujazin dengan dipandu oleh moderator saudara Haidar Amran.

Tujuan dari kegiatan adalah sebagai upaya untuk meningkatkan nilai religiusitas mahasantri, memperdalam pemahaman mahasantri tentang tata cara berkhutbah, dan sebagai jembatan untuk memperdalam ilmu agama. Kemudian harapan dari terselenggaranya kegiatan ini, mahasantri mengetahui tata cara, rukun, dan syarat-syarat khutbah, serta nantinya mahasantri bisa dan berani untuk berkhutbah, terutama di lingkungan masyarakat atau masjid – masjid yang ada disekitar rumah mahasantri.

Berikut 5 rukun khutbah Jumat yang disampaikan sebagai bekal ilmu, walaupun masih ada ilmu – ilmu lain yang memberikan banyak sudut pandang berkaitan dengan rukun khutbah jum’at:

1. Rukun Khutbah Jumat Pertama Baca Hamdalah

Membaca hamdalah adalah mengucapkan lafadz alhamdulillah, innalhamda lillah, ahmadullah atau lafadz-lafadz yang sejenisnya pada awal khutbah Jumat. Dasarnya adalah hadits nabi SAW : Semua perkataan yang tidak dimulai dengan hamdalah maka perkataan itu terputus. (HR. Abu Daud).

2. Rukun Khutbah Jumat Kedua Bershalawat Kepada Nabi SAW

Rukun khutbah Jumat kedua yakni membaca Shalawat kepada Rasulullah SAW bisa dengan lafadz yang sederhana, seperti : “Ya Allah limpahkanlah shalawat kepada Muhamamd “. Tidak diharuskan menyampaikan salam, dan juga tidak harus dengan shalawat kepada keluarga beliau. Minimal sekali shalawat saja.

3. Rukun Khutbah Jumat Ketiga Membaca Petikan Ayat Al-Quran

Sebagian ulama mengatakan bahwa karena khutbah Jumat itu pengganti dari dua rakaat shalat yang ditinggalkan, maka membaca ayat Al-Quran dalam khutbah hukumnya wajib. Dasarnya adalah hadits Nabi SAW: “Rasulullah SAW membaca beberapa ayat Al-Quran dan mengingatkan orang-orang”.

4. Rukun Khutbah Jumat Keempat Nasihat atau Wasiyat

Nasihat atau washiyat yang menjadi rukun intinya sekedar menyampaikan pesan untuk taat kepada Allah SWT dan sejenisnya. Atau setidaknya untuk menjauhi larangan-larangan dari Allah SWT. Misalnya seperti lafadz berikut ini : ” Taatilah Allah dan jauhilah maksiat”.

5. Rukun Khutbah Kelima Membaca Doa dan Permohonan Ampunan

Doa atau pemohonan ampun untuk umat Islam dijadikan rukun yang harus disampaikan dalam khutbah Jumat: ” Ya Allah ampunilah orang-orang muslim dan muslimah, dll.”

Alhamdulillah. Semoga ilmunya bermanfaat. Aamiin. [Kang Aim/Ty]

Orang yang mengharapkan surga harus bisa belajar untuk berbuat baik kepada sesama manusia.

Abu Bakar Al-Shiddiq

2 thoughts on “PELATIHAN KHUTBAH: Belajar Untuk Berbuat Baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *