PESMA KH MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita, IMM PESMA, ISO PESMA

Pelatihan Administrasi IMM & ISO: Mewujudkan Kedisiplinan dalam Aktivitas Organisasi

Pesma.ums.ac.id – Pelatihan Penulisan Surat dan Pembuatan Laporan pada hari Sabtu, 12 Maret 2022 WIB di Ruang Kelas B.3 dan B.4 (Pesma Putra) Pesantren Mahasiswa KH. Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surfakarta.

“Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang mukmin dan beramal saleh ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. dan orang-orang kafir bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang. dan Jahannam adalah tempat tinggal mereka.”

hadits Al Bukhari

Administrasi merupakan aktivitas atau bentuk usaha yang memiliki kaitan erat dengan berbagai pengaturan kebijakan dengan tujuan agar mencapai target organisasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa administrasi memiliki peran yang begitu krusial bagi semua aktivitas organisasi. Sedangkan secara sempit, administrasi adalah bentuk aktivitas yang meliputi surat menyurat, catat-mencatat, ketik-mengetik, pembukuan sederhana serta kegiatan lainnya yang bersifat teknis ketatausahaan.

Pelatihan administrasi fokus pada “Pelatihan Penulisan Surat dan Pembuatan Laporan” yang ditujukan kepada dua organisasi besar Pesma UMS, yaitu IMM dan ISO. Peserta meliputi pimpinan, anggota dan kader dari kedua organisasi tersebut.

Acara dimulai dipandu oleh Saudari Aulia Isfhofa Hanindita, tilawah yang dibacakan oleh Saudara Habib Al Fikri dan dilanjutkan sambutan perwakilan dari pimpinan, yaitu Ustadz Dodi, M.Pd.I menuturkan “ucapan terima kasih kepada panitia dan peserta turut hadir dalam pelatihan administrasi yang sangat penting dalam sebuah organisasi,karena pihak universitas meminta terkait dengan laporan.

Pemateri pelatihan penulisan surat dan pembuatan laporan disampaikan oleh Mu’adz, S. Sy., M. M tentang pentingnya administrasi, pembuatan surat, laporan kegiatan, format notula, penyusunan rencana pengembangan organisasi (RPO), dan pagu keuangan. Setiap materi disampaikan dengan detail dan dilanjutkan dengan diskusi atau tanya jawab bersama dengan peserta. Kemudian diakhir ditutup dengan doa bersama, yang dipimpin oleh saudara Moza Apriliano. [Kang Aim]

“Cara yang bagus untuk mengembangkan disiplin diri adalah menjadikannya kebiasaan untuk melakukan hal-hal yang seharusnya Anda lakukan ketika Anda merasa paling malas. Setiap kali Anda merasa sangat malas, lakukan kebalikan dari apa yang ingin Anda lakukan.”

1 Comment

  1. muslim awaluddin

    Alhamdulillah

Leave a Reply

Theme by Anders Norén