Panen Lele: Momen Bangkitkan Kekeluargaan

Pesma.ums.ac.id – Beberapa mahasantri Pesantren Mahasiswa (Pesma) KH Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan kerja bakti yakni memanen ikan lele pada Kamis pagi (29/07/2020). Kegiatan tersebut guna untuk melatih keterampilan dan memenuhi konsumsi mahasantri yang masih menetap sementara di Pesma.

Budidaya ikan lele sendiri telah dilakukan sejak pertengahan tahun 2020 hingga sekarang. Diawali dengan membeli bibit yang dibesarkan kemudian sampai ikan layak panen. Sedangkan pemeliharaannya memakan waktu kurang lebih 3 bulan hingga siap untuk dikonsumsi.

“Keterampilan ini untuk mengisi waktu kosong disela-sela perkuliahan mahasantri,” ujar Abu Salim selaku Dewan Pengasuhan (DP) Pesma, Minggu (30/07/2021).

Mahasantri Putra sedang membersihkan Ikan Lele

Belajar membudidayakan Ikan Lele ini lanjut Abu Salim yang juga selaku koordinatornya adalah mulai dari  membesarkan bibit, memanen, menimbang, hingga mengelola menjadi makanan yang siap disantap oleh mahasantri.

Selain menumbuhkan keterampilan mahasantri, manfaat yang dirasakan oleh mahasantri salah satunya ialah makin eratnya rasa kekeluargaan diantara mereka.

(kiri) Nampak Kolan Ikan Lele dan (kanan) Kolam Ikan Nila
Kolam Lele setelah dikuras dan siap dipanen

Amar Ma’ruf, mahasantri putra yang ikut andil memanen lele merasakan bahagia. Baginya momen panen dalam segala hal itu sangat menyenangkan terkhusus panen lele ini.

“Saya sangat berterima kasih sama Mas Abu selaku DP yang telah memberi ilmu budidaya lele kepada teman-teman mahasantri sehingga kami bisa belajar,” ucap Amar, Selasa (3/08/2021).

Lebih lanjut, Amar mengatakan bahwa momentum ketika memanen kemarin (29/07/2021) menimbulkan rasa kekeluargaan antar teman mahasantri yang begitu erat. Saling membantu satu sama lain dan membagi tugas seperti menangkap ikan, mengambil jeroan dan mencuci ikan hingga bersih.

Baca juga: Jelang HUT RI, Pesma Memasang Bendera Merah Putih

“Itu menurutku pengalaman yang jarang didapatkan di manapun,” lanjut Amar.

Mahasantri semester 7 tersebut berpesan kepada yang lainnya untuk lebih aktif lagi dalam merawat Ikan Lele. Pesma sudah memberikan fasilitas kepada mahasantrinya maka harus dimanfaatkan dengan baik, harapannya aktivitas tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan pasca lulus kuliah. [YDP].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *