PESMA KH MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita, Kisah Inspiratif

Nasehat Direktur PESMA UMS: Kuatkan Mental Spiritual dan Skill Untuk Masa Depanmu

Pesma.ums.ac.id – Rabu, 30 Maret 2022 Pembinaan Mahasantri Senior Bersama Direktur (Ustadzah Muamaroh) dan Dewan Pengasuh (Ustadz Mujazin) Pesantren Mahasiswa KH. Mas Mansur di Masjid KH. Mas Mansur Kampus 4 Universitas Muhamamdiyah Surakarta.

Nabi SAW bersabda, “Barangsiapa mencontohkan dalam Islam suatu contoh yang baik, maka ia akan mendapatkan pahalanya, dan pahala orang yang melakukannya setelahnya, tanpa berkurang sesuatu apapun dari pahala mereka.” Nabi SAW melanjutkan,  “Dan barangsiapa yang mencontohkan dalam Islam suatu contoh yang buruk, maka ia menanggung dosanya dan dosa orang yang mengerjakannya setelah dia, tanpa berkurang sesuatu pun dari dosa-dosa mereka.”

HR. Muslim

Pembinaan diikuti oleh mahasiswa senior, yaitu mahasantri yang sudah di atas semester empat. Pembinaan dilakukan selepas shalat magrib berjamaah. Dalam pembinaan tersebut diawali dengan mengaji bersama dan dilanjutkan isi dari kegiatan pembinaan dengan pesan-pesan, nasehat atau arahan dari pimpinan.

Nasehat-nasehat dan arahan dari Direktur Pesma UMS yaitu, “tentang shalat, mengaji, dan study. Bu Direktur menuturkan bahwa suksesmu tergantung shalatmu, baiknya hati adalah hati yang terpaut pada masjid, sholat on-time bahkan in-time, jika anda tidak menjaga sholat anda, bagaimana anda bisa menjaga yang lain”. Kemudian Bu Aam juga mengingatkan menambah hafalan al-qur’an walaupun sedikit-sedikit. Selain itu berpesan untuk mengecek selalu hasil study “cek star buat lihat nilai, dan melihat matkul yang belum diambil”

Harapan dari pertemuan tersebut yaitu, senior menjadi contoh bagi junior dalam sholat jamaah dan mengaji, karena kerinduan saat tinggal di pesma adalah sholat berjamaah dan mengaji. Kemudian senior juga harus mempersiapkan mental spiritual dan skill untuk yang akan datang sebagai bekal dalam dunia kerja, rumah tangga dan ataupun hidup bermasyarakat. [Kang Aim]

Allah SWT berfirman, “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf  dan mencegah dari yang mungkar.

QS. Ali-Imran/3: 110


Leave a Reply

Theme by Anders Norén