Membentuk Mahasantri yang Produktif dan Inovatif melalui Pelatihan Desain Grafis

Pesma.ums.ac.id – Departemen IT, Dokumentasi, dan Literasi (ITDokLit) International Student Organization (ISO) Pesantren Mahasiswa (Pesma) KH Mas Mansur menggelar pelatihan desain grafis secara online bagi mahasantri. Tujuan diadakannya pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan kepada mahasantri mengenai dunia desain, Sabtu (7/8/2021).

Mengangkat tema “Improve Your Skills in Digital Era with Corel Draw” dengan harapan bisa memotivasi mahasantri untuk membuat desain yang menarik. Kemudian hasil desain peserta tersebut dapat diterbitkan ke website pesma, yakni pesma.ums.ac.id.

Khairul, selaku pembicara memulai pelatihan desain dengan menjelaskan manfaat dan tujuan mempelajari desain grafis. Menurutnya kemampuan desain grafis ini dapat membuat seseorang dipandang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki kemampuan desain, khususnya akan dipandang lebih dalam dunia kerja.

Kemudian setelah pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan praktek membuat desain menggunakan aplikasi CorelDRAW yang langsung dibimbing oleh Khairul.

Azzura Qotrunnada, salah satu peserta pelatihan desain, menanyakan cara agar tulisan dipamflet tidak menumpuk sehingga terlihat bagus ketika dipandang.

“Jika pamflet dibagikan melalui sosial media seperti feed instagram, sebaiknya buat beberapa slide dari halaman satu dan seterusnya untuk mencegah agar tidak bertumpuk. Mulai dari judul terlebih dahulu pada slide 1, kemudian lanjut ke slide 2 dan seterusnya,” jawab Khairul, Sabtu (7//8/2021).

Ardha Zahro Nareswari, Ketua Panitia Pelatihan Desain, berharap setelah adanya pelatihan ini para peserta dapat memublikasikan karya desain yang dibuat. “Harapannya sih peserta nanti bisa memublikasikan ke media social seperti instragram ataupun website Pesma,” harapnya, Sabtu (7/8/2021). [Niken_ISO/YDP].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *