PESMA KH MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita, IMM PESMA, ISO PESMA, Kisah Inspiratif

Management Stress: Faktor Penentu Keberhasilan

Pesma.ums.ac.id – Management Stress dan Motivasi oleh Risma Silviani Putri, S. Pd. sebagai Pemateri Kegiatan Pesma Leadership Training (PLT) untuk organisasi IMM dan ISO Pesantren Mahasiswa KH. Mas Mansur UMS Periode 2022 yang bertempat di ruang kelas (B3 dan B4) Pesma Putra.

Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan berzikir (mengingat) Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram

QS ar-Ra’du:28

Manajemen adalah istilah yang barangkali sudah tidak asing lagi. Umumnya, manajemen adalah istilah yang berkaitan dengan organisasi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti manajemen adalah penggunaan sumber daya efektif untuk mencapai sasaran.

Selain itu, arti lain dari manajemen adalah pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. Manajemen juga diartikan pengelolaan, pengaturan, pengendalian, atau kontrol. Bisa juga diartikan bahwa manajemen adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas organisasi bisnis.

Sedangkan stress adalah perubahan reaksi tubuh ketika menghadapi ancaman, tekanan, atau situasi yang baru. Ketika menghadapi stress, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Kondisi ini membuat detak jantung dan tekanan darah akan meningkat, pernapasan menjadi lebih cepat, serta otot menjadi tegang.

Risma Silviani Putri, S. Pd., sebagai pemateri menuturkan kepada audien tentang faktor-faktor pemicu stress, diantaranya: terlalu fokus pada pendapat orang lain, tidak percaya pada kemampuan diri sendiri, takut untuk melangkah atau berbuat, dan belum mengenali kemampuan diri. Sehingga perlunya setiap orang memanajemen stress.

Manajemen stress adalah tentang bagaimana kita melakukan suatu tindakan dengan melibatkan aktivitas berpikir, emosi, rencana atau jadwal pelaksanaan, dan cara penyelesaian masalah. Manajemen stress diawali dengan mengidentifikasikan sumber-sumber stres yang terjadi dalam kehidupan. Langkah ini tidaklah semudah bayangan kita. Terkadang sumber stress yang kita hadapi sifatnya tidak jelas dan tanpa disadari, kita tidak mempedulikan stres itu sebagai langkah untuk meminimalisir beban pikiran, perasaan, dan perilaku.

Pemateri juga memberikan tips-tips bagaimana cara mengelola stress.? yaitu dengan cara kuasai diri, self talk, positive thinking, dan motivasi diri dalam hal-hal kebaikan. Selain itu dalam kegiatan tersebut diberikan motivasi untuk menunjang keberhasilan seseorang. Diantara faktor penentu keberhasilan adalah ikhtiar sungguh-sungguh, mental kuat, doa dan ibadah, tawakkal, yakin, dan fokus tanpa intervensi. [Kang Aim]

Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan memberikan baginya jalan keluar (dalam semua masalah yang dihadapinya), dan memberinya rezki dari arah yang tidak disangka-sangkanya

QS. ath-Thalaaq:2-3

Leave a Reply

Theme by Anders Norén