PESANTREN MAHASIWA KH. MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita, IMM PESMA, ISO PESMA, Kisah Inspiratif

Khutbatul ‘Arsy: Pekan Perkenalan Untuk Menggapai Keberkahan Ilmu

Pesma.ums.ac.id – Kegiatan Khutbatul ‘Arsy (Pekan Perkenalan) Angkatan 2020 – 2021 Pesantren Mahasiswa KH. Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta dilaksanakan Jum’at – Ahad, 10 – 12 Juni 2022 “Menjadi Mahasantri yang Berprestasi, Berkontribusi, dan Berakhlak Mulia”.

Jadilah seperti pohon kayu yang lebat buahnya, tumbuh di tepi jalan. Dilempar buahnya dengan batu, tetapi tetap dibalas dengan buah.

Abu Bakar As-Siddiq

Khutbatul ‘Arsy, adalah khutbah tertinggi, khutbah yang disampaikan oleh pimpinan pesantren dan guru-guru yang diberi kepercayaan oleh pondok untuk menyampaikan ceramah tentang nilai-nilai dan jiwa-jiwa kepesantrenan. Khutbatul ’Arsy juga sebagai media komunikasi sosialisasi untuk memahamkan para mahasantri baru . Dengan tujuannya adalah untuk memantapkan langkah semua mahasantri di dalam mengikuti progam-progam pesantren.

Grand Opening Khutbatul ’Arsy dilaksanakan pada Jum’at, 10 Juni 2022 selepas Shalat Isya di Masjid KH. Mas Mansur Kampus 4 UMS dibuka acara oleh MC Saudara M. Hamdan Katsir dan Tilawah Al – Qur’an Saudara Roy Krisna yang kemudian dilajutkan sambutan- sambutan dari Ketua Panitia, Saudara Andika Kayadi, Ketua IMM, Saudara Faruq Damar dan Ketua ISO, Ragastra Haryo.

Agenda pembukaan Khutbatul ‘Arsy tersebut dibersamai oleh Direktur, Ustadz, Ketua IMM, Ketua ISO, Panitia, dan seluruh Mahasantri Pesantren Mahasiswa KH. Mas Mansur.

Pada kesempatan tersebut, ada dua materi yang menjadi penekan kepada mahasantri, terkhusus mahasantri angkatan 2020 – 2021 yaitu, pertama, materi Kepesmaan yang disampaikan langsung oleh Direktur Dra. Muamaroh, M.Hum., Ph.D, beliau menyampaikan tentang “Pesma menjadi tempat yang baik untuk menjaga ibadah shalat berjamaah, lingkungan pertemanan yang mendukung, dan belajar banyak hal yang baik dari orang lain (teladan). Materi kedua, pemantapan Pancajiwa yang sampaikan oleh Ustadz Mujazin yang menekankan bahwa “Mahasantri yang isinya pemuda – pemudi wajib bersyukur menjadi orang yang hebat dalam kebaikan, karena hal tersebut langka”.

Kemudian, pada hari Sabtu siang, 11 Juni 2022 dilanjutkan materi “Administrasi Pesma, Sistem IT Pesma, dan Motivasi menjadi mahasantri Pesma UMS. Untuk penjelasan tentang administrasi pesma disampaikan Mu’adz, S.Sy., M.M dan Rifki Adhin Azhari, S.Pd. Sedangkan untuk materi sistem IT dan Motivasi disampaikan oleh Dodi Afianto, M.Pd.I dan Agus Riyanto, S. Kom.

Akhir dari kegiatan tersebut ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin oleh Saudara Naufal Rafi. [Kang Aim]

Tidak ada manfaat dari uang jika tidak dibelanjakan di jalan Allah. Tidak ada kebaikan dalam diri seseorang jika kebodohannya mengalahkan kesabarannya.

Abu Bakar As-Siddiq

Leave a Reply

Theme by Anders Norén