PESMA KH MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita, ISO PESMA, Kisah Inspiratif

KAJIAN RUTIN-Urgensi Iman: Iman Ada di Hati

Pesma.ums.ac.id – Kajian Rutin (KANTIN) dengan Tema Urgensi Iman dalam Kehidupan dengan Pemateri H. M. Al-Furqon Hasbi, Lc. M.Ag, diselenggarakan oleh Departemen Takmir dan Amaliyah Sunnah ISO Pesma KH. Mas Mansur UMS.

Kegiatan Grand Opening KANTIN (Kajian Rutin) dibuka dengan pembukaan oleh MC yaitu Muhammad Muchlasul Amal dan dilanjutkan dengan tilawah oleh Mahasantri Pesma, Roy Krisna Ramadhan. Kegiatan tersebut juga diisi sambutan oleh Ibu Muamaroh selaku Direktur Pesma KH Mas Mansur sebagai simbolis pembukaan Kajian Rutin (KANTIN), yang kemudian dilanjutkan kembali dengan penyampaian materi oleh Ustadz Al Furqon Hasbi Lc, M.Ag  (Wakil Direktur Ma’had Abu Bakar UMS dan Dosen Fakultas Agama Islam UMS).

Isi dari kajian adalah sebagai berikut: Iman ada di hati. Membenarkan di hati. Pengertian iman (keyakinan, ucapan, perbuata, naik dan turun). Meyakini dalam hati, mengucapkan/mengikrarkan dengan lisan, mengamalkan dengan anggota badan, serta bisa naik dengan menjalankan ketaatan dan juga turun jikalau menjalankan maksiat.

Surat Al Anfal yang menggambarkan bagaimana bukti iman. (Iman dan amal shaleh) Sesungguhnya orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah bergetar jantungnya (hati). Orang yang beriman wajilat (bergetar). Pentingnya iman: merujuk asal usul kita diciptakan yaitu untuk beribadah. Ibadah dengan tauhid dengan iman. Kita hidup untuk iman atau ibadah. Manusia diciptakan untuk ibadah (Q.S. Adz-Dzariyat : 56) dan ibadah harus disertai iman. Bertambah iman ketika didengarkan ayat Allah.

Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam bersabda : Iman memiliki 70 atau 60 cabang lebih yang paling tinggi adalah kalimat لااله الا الله sedangkan yang paling rendah adalah menyingkirkan duri di jalanan dan rasa malu sebagian dari iman. Pengaplikasian لااله الا الله adalah dengan menyembahnya dengan ikhlas dan tidak menyekutukan susuatu apapun dengan Allah, yang dimana inilah tujuan utama manusia diciptakan dan dakwah seluruh Nabi dan Rasul.

Rasulullah صلى الله عليه وسلم menyebutkan tentang menyingkirkan duri atau gangguan di jalan, hal ini menunjukkan bahwa peduli dengan lingkungan merupakan bagian dari keimanan, beliau صلى الله عليه وسلم juga menyebutkan rasa malu bagian dari iman yakni rasa malu berbuat maksiat, rasa malu berbuat keburukan. Salah satu yang bisa menguatkan kita adalah beriman kepada taqdir, yaitu yakin bahwasannya semuanya sudah ditetapkan olah Allah, sudah Allah ketahui, sudah Allah tulis dalam lauhul mahfudz. Dan ketetapan Allah semuanya baik dan pasti ada hikmah yang besar dibalik nikmat ataupun ujian (musibah).

Di akhir kegiatan, Andika Kayadi selaku perwakilan Departemen Takmir dan Amaliyah Sunah International Student Organization (ISO) Pesma KH Mas Mansur mengenalkan Kajian Rutin (KANTIN) sebagai salah satu program kerja berupa kajian yang akan diselenggaran secara rutin dalam satu bulan sekali.

Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi implementasi dari salah satu grand desain ISO Pesma KH. Mas Mansur UMS dalam membranding International Student Organization dan menjadi wadah bagi Mahasantri Pesma maupun masyarakat umum untuk meningkatkan iman yang kerap naik dan turun, karena “Al imanu yazidu wa yanqush, yazidu bith tho’at, yanqushu bil ma’shiyat. Semoga kehadiran kegiatan Kajian Rutin ini juga mampu menjadi sarana untuk mempersiapkan Mahasantri Pesma agar dapat terjun dalam dakwah”, tutur Andika. [ITDOKLIT ISO 2022]

Leave a Reply

Theme by Anders Norén