PESANTREN MAHASIWA KH. MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Kisah Inspiratif

Idul Adha 1443 H: Mensyukuri Nikmat dengan Shalat dan Berkurban

Pesma.ums.ac.id – Mahasantri Pesma UMS Menjalankan Serangkaian Ibadah Idul Adha 1443 H di Masjid KH. Mas Mansur dan Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS untuk Menuju Jalan Ketakwaan dan Ketaatan Kepada Allah SWT pada Hari Sabtu, 09 Juli 2022 .

“Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)”

Surat Al An’am Ayat 162-163

Idul Adha adalah puncak ibadah Haji yang dilaksanakan kaum muslim di Makkah, Arab Saudi. Terkadang Iduladha yang dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah ini disebut pula sebagai “Idul Kurban” atau “Lebaran Haji”.  “Rasulullah SAW memerintahkan kami dalam Idain (Idul Fitri dan Idul Adha) agar memakai pakaian terbagus yang kami miliki, memakai minyak wangi terbaik yang kami miliki, dan berqurban pada hari raya Idul Adha dengan binatang qurban termahal dari apa yang kami miliki.” (HR. Al-Hakim)

Perayaan Hari Raya Idul Adha ini diperintahkan berlangsung selama 4 hari, yakni sejak Maghrib pada hari Arafah (9 Dzulhijjah) sampai hari raya ‘Id (10 Dzulhijjah), disambung 3 hari tasyrik. “Sesungguhnya Kami telah memberikan nikmat yang banyak. Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berqurbanlah.” (QS Al-Kautsar)

Mahasantri Pesma UMS melaksanakan takbiran di Masjid KH. Mas Mansur dan menjalankan Ibadah Shalat Id di Edutorium UMS. Kemudian setelah itu menjalankan penyembelihan hewan kambing di area asrama putri. Pada kesempatan Idul Adha 1443 H panitia kurban menyembelih 10 kambing, baik yang hewan kurban atau untuk konsumsi.

Penyembelihan dan pengelolaan daging kambing mulai dari jam 8.30 WIB sampai 11.30 WIB, kemudian setelah dzuhur dilanjutkan makan tengkleng bersama di kantin asrama dan malam harinya dilanjutkan membakar sate bersama – sama mahasantri pesma. Harapan dari kegiatan tersebut ialah menambah ilmu, pengalaman dan keeratan tali silahturahmi sesama mahasantri agar kelak di masyarakat mampu menularkan kebaikan-kebaikan yang didapat selama di pesma. [Kang Aim]

“Sesungguhnya yang pertama kali kita lakukan pada hari ini adalah menunaikan shalat (idul Adha), kemudian pulang lalu menyembelih hewan kurban”.

HR. Bukhari

Leave a Reply

Theme by Anders Norén