DISKUSI SENI: “Mengenal Tentang Tari Menari”

Surakarta-12 Juni 2022 PK IMM KH Mas Mansur dari bidang Seni Budaya Olahraga menyelengarakan kegiatan Diskusi Seni. Acara Diskusi Seni dilaksanakan dalam bentuk hybrid dengan tema “Mengenal lebih dalam tentang Tari Menari” Acara tersebut bertujuan untuk memberi pemahaman lebih dalam apa itu Tari Menari, selain itu untuk melatih kita untuk saling berdiskusi satu sama lain.

Acara ini diselenggarakan di Komisariat IMM, Gmeet, dan Live Instagram. Dengan total jumlah keseluruhan sebanyak, 26 orang.diantaranya adalah PK IMM KH Mas Mansur, dan ISO.

Pada kesempatan ini, IMMawati Wiwesa Nindhita Kabid Seni Budaya dan Olahraga PK IMM Pondok Internasional KH Mas Mansur Periode 2020-2021. Sebagai pembicara diacara ini, menyampaikan tentang Tari menari, tata cara menari itu seperti apa, bagaimana cara kita untuk menampilkan performen seorang penari di panggung, tata cara berpakaian, jika saat siang hari pakaian harus cerah, malam hari pakaiannya tidak boleh cerah tidak boleh mencolok, apalagi riasan untuk riasan kalau siang tidak boleh mencolok, sedangkan malam riasannya harus kuat, karena kalau tidak kuat. riasaanya tidak terlihat di kamera. Salah satu kelemahan tari yang ada di Indonesia ynag buat perempuan jarang ada baju tari yang ada hijabnya. Karena mereka beranggapan jika menari pakai hijab bisa mengurangi karakter tertentu. Seperti menari gambyong, salah satunya adalah menggunakan konde di rambut. Apabila menggunakan hijab akan mengurangi karakteristiknya. Mbak Weni juga meberikan pe njelasan tentang tari itu di bagi menjadi 2. Yang pertama tari Klasik dan tari Kreasi Baru. Tari klasik itu tari tradisional yang khas dari daerah atau tari yang dibuat untuk suatu hal misalkan penghormatan atau ibadah, sedangkan tari Kreasi baru itu tari yang di buat untuk event atau pentas seni, vestival, intinya tarian yang baru dibuat untuk kegiatan yang enggak sacral.

Kegiatan diskusi ini dilanjutkan dengan Tanya jawab dengan berdiskusi satu sama lain dan saling menanggapi pertanyaan yang di ajukan.harapan dari acara yang kami adakan semoga bisa bermanfaat untuk semuanya, dan bisa memberikan pemahaman yang lebih mengenai Tari Menari.

Sekian berita acara yang kami buat, mohon maaf apabila ada salah kata ataupun perbuatan yang tidak di sengaja maupun di sengaja. Kami selaku dari Bidang Seni Budaya dan Olahraga menucapkan banyak terimakasih kepada teman-teman yang sudah hadir dan menyempatkan waktunya untuk mengikuti acara Diskusi Seni yang kami laksanakan.

Setelah acara ditutup dilanjutkan dengan dokumentasi bersama pembicara dan peserta yang mengikuti kegiatan diskusi seni. Berikut ini hasil dari dokumentasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *