PESMA KH MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

IMM PESMA, Kisah Inspiratif

COFFEE BREAK#2: Meningkatkan Religiusitas Menyambut Ramadhan

Pesma.ums.ac.id – Sabtu (26/03/2022) Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah KH. Mas Mansur UMS menyelenggarakan Program Kerja Rutinan dari Bidang Tabligh. Cofee Break#2 PK IMM KH Mas Mansur UMS dengan tema “Siapkah ku bersanding dengan Ramadhan”.

“Ada dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa: pertama ketika dia berbuka, dan yang lainnya ketika dia bertemu Tuhannya, dan (bau) nafas (orang yang berpuasa) lebih baik di sisi Allah daripada aroma wanginya. kesturi.”

HR. Al-Bukhari

Coffee Break kali ini dilaksanakan via Google meet dan dihadiri kurang lebih sebanyak 15-20 peserta. Peserta diwajibkan bagi seluruh Pimpinan dan Kader PK IMM KH Mas Mansur dan dibuka untuk umum. Acara Coffee Break dibuka oleh moderator yaitu IMMawan Yasir Hafidh Fitriyan (Kader PK IMM KH Mas Mansur 2021) kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh pemateri, IMMawan Ahmad Zamzami (Ketua Umum PK IMM KH Mas Mansur 2021 ), dilanjut sesi tanya jawab, dan di akhir sesi dilanjutkan dokumentasi.

Pada Coffee Break#2 dengan mengusung tema “Siapkah ku bersanding dengan Ramadhan”, pemateri menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan bulan suci ramadhan, mulai dari sejarah diwajibkannya berpuasa, sejarah bulan ramadhan bahkan hal hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita menyambut bulan ramadhan, dan juga ada diskusi dari beberapa peserta yang berkaitan dengan Fiqh ibadah

Inti materi yang disampaikan ada beberapa poin yang perlu kita ketahui. Sejarah puasa muncul ketika rasul berhijarah ke Madinah yaitu kebijakan amalan yang dilakukan ahli kitab, yaitu puasa asyuro, dengan puasa tersebut orang orang yahudi masuk Islam, tahun 2 hijriah turun Q.S Al Baqarah 144 yang membahas tentang pemindahan kiblat dari masjidil aqsha ke masjidil haram, dan juga Q.S Al Baqarah : 183 ayat yang membahas kewajiban disyariatkan puasa  ramadhan. Kemudian juga sedikit membahas kisah sahabat, dan kenapa kita wajib sahur ketika hendak puasa.

Bagaimana kita bisa bersanding dengan Ramadhan sih? Kita mempersiapkan Ramadhan dengan yang apa kadarnya, maka hasilnya kurang maksimal dan begitu sebaliknya. Keutamaan bulan Ramadhan ini sangat besar, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum kita menyambut bulan Ramadhan:

  • Membekali diri dengan ilmu,
  • Semangati diri dan menjahui maksiat,
  • Menyiapkan dengan fisik yang kuat,
  • Persiapkan harta,
  • Menyiapkan beribadah selama bulan Ramadhan, jika memiliki hutang puasa wajib mengganti, melatih diri dengan memperbanyak puasa Sunnah,
  • Memperbanyak tilawah, kisah imam syafii khatam 60x selama bulan Ramadhan

Meskipun diadakan secara daring atau online antusias dari peserta sangat baik dan aktif berdiskusi. Diharapkan output dari kegiatan ini dapat memfasilitasi pimpinan dan kader khususnya dalam ilmu religiusitas, serta bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Nantikan Coffee Break#3 yaa…. [Medkom dan Tabligh /2022]

“Puasa adalah perisai yang dengannya seorang hamba melindungi dirinya dari api neraka.”

HR. Imam Ahmad

Leave a Reply

Theme by Anders Norén