Bukber di Masjid KH Mas Mansur

Pesma.ums.ac.id – Mahasantri yang bermukim di Pesantren Mahasiswa (Pesma) KH Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sepakat adakan puasa asyura yakni 9 dan 10 Muharam. Menyesuaikan lauk dari kantin, maka hari kamis (10 Muharam) mahasantri dapat buka bersama (bukber) di Masjid KH Mas Mansur UMS, Kamis (19/8/2021). Bukber tersebut dilakukan dengan tujuan supaya lebih mempererat rasa kekeluargaan satu sama lain.

Jelang berbuka, beberapa mahasantri putra sudah berada di dalam masjid dan sebagian lainnya membantu mahasantri putri menyiapkan kebutuhan berbuka.

Seperti biasanya, 30 menit sebelum adzan berkumandang akan ada mahasantri yang bertugas mengaji di masjid. Alunan merdu bacaan quran tersebut menambah suasana di Pesma semakin terasa layaknya bulan Ramadhan.

Rifqi Sya’ban, salah satu mahasantri senior di Pesma, mengatakan bukber tersebut sangat seru. “Banyak makanan dan serasa lagi puasa ramadhan,” ujarnya, Kamis (19/8/2021) melalui chat Whatsapp.

Beberapa dari Mahasantri Putri sedang Menikmati Buka Bersama di sisi Utara Masjid KH Mas Mansur UMS, Kamis (19/8/2021)
Mahasantri Melaksanakan Sholat Maghrib Berjamaah pasca Bukber, Kamis (19/8/2021)

Mahasantri tersebut berbuka dengan berbagai jenis makanan seperti es teh, tahu petis, roti bakar, dan pisang goreng cokelat keju. Selain itu, Ulya Septiana Pratiwi, salah satu DP Pesma, membawakan beberapa macam hasil masakannya untuk berbuka seperti nugget tahu dan salad sayur lengkap dengan mayonais serta saos sambal.

Rifqi berharap kegiatan ini (puasa sunnah­_red) bisa lebih sering untuk dilakukan, seperti puasa senin kamis atau ayyamul bidh. “Karena menurut kesehatan berpuasa itu baik bagi tubuh,” ujarnya. [YDP].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *