PESMA KH MAS MANSUR UMS

Road to be Smart Moslems

Berita, IMM PESMA, ISO PESMA, Kisah Inspiratif

BEROLAHRAGLAH: Mukmin Sehat & Kuat Dicintai Allah SWT

Pesma.ums.ac.id – Hari Olahraga atau Hari Sehat Pesantren Mahasiswa KH. Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk Mewujudkan Jiwa Baik dan Tubuh yang Sehat menjadi Kegiatan Rutin Pekanan di Lingkungan Asrama.

“Kesucian itu separuh dari iman.” Islam sangat menganjurkan kita agar menjaga kesehatan. Seorang mukmin yang kuat dan sehat lebih Allah cintai daripada seorang mukmin yang lemah.

Abu Malik Al-Ash’ari

Kagiatan olahraga meliputi jalan sehat, jogging, senam, futsal, badminton, renang, memanah dan kegiatan-kegiatan lainnya yang menunjang pada kesehatan tubuh. Kegiatan tersebut dikoordinir oleh Departemen OSK & Bidang SBO IMM KH. Mas Mansur yang menjadi kegiatan rutin pekanan. Setiap kegiatan yang dilakukan diinformasikan kepada seluruh mahasantri melalui group WA dan ajakan secara langsung mahasantri putra dan putri. Kemudian ditentukan titik kumpul untuk memulai kegiatan tersebut.

Faizal Erlangga selaku ketua Dept. OSK menuturkan bahwa olahraga itu aktivitas fisik untuk meningkatkan keterampilan fisik yang memiliki manfaat dan tujuan mempererat tali silahturahmi antar mahasantri dan mengerti arti hidup sehat, karena kesehatan itu mahal obatnya.”

Dalam sebuah hadis, diriwayatkan Al-Hasan dari Hindi, dia berkata, “Rasulullah itu berdada lebar. Antara perut dan dada berukuran sama atau rata”. (HR Ath-Thabarani dan Az-Zabidi).

Selain itu, bukti lain yang menjelaskan kalau Rasulullah punya tubuh yang atletis ialah hadis dari Ummu Hani, dia menuturkan, “Saya tidak melihat bentuk perut Rasulullah kecuali saya ingat lipatan kertas-kertas yang digulung antara satu dengan yang lainnya”. (HR. Ath-Thabarani).

Dalam riwayat lain, “Perutnya (Rasulullah) bagai batu-batu yang tersusun”. [Faizal & Kang Aim]

“Al Miqdam bin Ma’dikarib radhiyallahu ‘anhu berkata: “Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidaklah seorang manusia mengisi sebuah tempat yang lebih buruk daripada perut, cukuplah bagi seorang manusia beberapa suapan yang menegakkan punggungngya, dan jika hawa nafsunya mengalahkan manusia, maka 1/3 untuk makan dan 1/3 untuk minum dan 1/3 untuk bernafas.

HR. Ibnu Majah dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, no. 2265.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén